Posted by: Aristia Karima

Tugas Kewirausahaan-Proposal Usaha “Tas Import”



BAB I
PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang

Dunia fashion adalah dunia yang tidak pernah mati, selalu berubah dan memiliki trend-nya sendiri. Dari zaman dulu hingga sekarang, orang tidak pernah bosan mengikuti perkembangan fashion. Perempuan, sebagai pengguna dan pecinta fashion terbesar, cenderung memiliki anggapan bahwa fashion dapat menunjukan identitas diri, style, dan menambah kepercayaan diri. Fenomena tersebut dapat kita lihat di berbagai pusat perbelanjaan fashion yang tidak pernah sepi pengunjung dari pembeli. Persaingan dunia fashion yang terbilang ketat, menuntut produsen/penjual fashion terutama dibidang Tas untuk terus menjual produk yang dapat menarik minat pembeli. Saat ini, fashion bukan hanya produk yang mengandalkan kosnep kebutuhan konsumen saja, melainkan juga harus dapat memenuhi keinginan dan permintaan konsumen. Belakangan ini jenis fashion yang diminati dikalangan konsumen adalah fashion luar negeri. Hal ini ditandai dengan banyaknya masyarakat yang memakai barang-barang import bukan hanya dalam negeri saja. Namun, dengan gaya fashion yang ada diluar negeri membuat harga yang diberikan pun tidak fleksibel untuk kalangan menengah dan bawah. Oleh karena itu, dari uraian diatas yang menarik minat penulis untuk mengembangkan usaha online shop tas import yang menjual tas-tas import yang hampir mirip (KW) dengan tas branded yang ada diluar negeri yang dibuat semirip mungkin dengan bahan yang lebih murah. Diharapkan dengan dibukanya usaha ini, masyarakat kalangan menengah kebawah tetap bisa tampil trendi dengan model yang menarik dan tidak tertinggal zaman. 
B.     Visi dan Misi Perusahaan

1.      Visi
-          Sebagai produsen Tas import yang sukses, maju dan mempunyai prestasi.
-          Mendapatkan laba dari setiap penjualan hasil produksi dan mempunyai banyak pelanggan tetap.
-          Membuka usaha online shop dibidang fashion khususnya “Tas Import” dengan harga yang  fleksibel dan terjangkau ditangan konsumen dengan kualitas premium.

2.      Misi
- Bekerjasama dengan para distributor yang memproduksi tas-tas import yang diminati    konsumen berkualitas premium.
- Dapat memuaskan pelanggan dengan produk yang premium.
- Menjual beragam tas import wanita yang lengkap dengan berbagai model yang menarik mulai dari  remaja sampai ibu-ibu melalui social media.




BAB II
ASPEK PEMASARAN

Aspek pemasaran meliputi:
1.      Target Konsumen
Target konsumen pada perusahaan ini adalah wanita baik remaja maupun ibu-ibu.

2.      Ukuran dan Trend Pasar
Ukuran dan trend pasar disesuaikan dengan standar kebutuhan masyarakat dan trend yang sedang terjadi.

3.      Situasi Persaingan
Pesaing usaha ini cukup banyak dan jenisnya juga beragam, tetapi masing-masing memiliki cara sendiri-sendiri untuk mengembangkan dan mempertahankan usahanya.

4.      Strategi Pasar
Strategi yang digunakan adalah penjualan pada online shop yaitu menjual melalui social media dan meningktkan pelayanan dan kualitas serta melakukan inovasi terhadap produk, dan juga dengan melakukan promosi dengan mengadakan promo setiap bulannya.

5.      Penetapan Harga
Harga ditentukan berdasarkan biaya produksi dari distributor serta keadaan pasar dan pesaing sehingga kemungkinan laba cukup besar.



BAB III
ASPEK KEUANGAN



1.      Pengeluaran Sumber Modal
Modal sendiri                                      Rp 1.500.000


                                      Total               Rp 1.500.000




BAB IV
ASPEK PRODUKSI


1.      Jenis Barang
Jenis barang yang diproduksi adalah Tas Import

2.      Pelaksanaan Kegiatan Produksi
Kegiatan produksi dilaksanakan tergantung pesanan dari konsumen. perusahaan ini mulai beroperasi dari pukul 09:00 WIB sampai 15:00 WIB dan libur pada hari minggu.

3.      Jumlah Tengaha Kerja
Jumlah tenaga kerja pada online shop ini sebanyak 1 orang, untuk bagian marketing, packing dll.

4.      Rencana Perluasan Usaha
Rencana perluasan usaha apabila pada onlie shop cukup berkembang yaitu dengan cara mendirikan tempat usaha sendiri di tempat yang strategis dan menambah perluasan usaha ke bidang fashion lainnya.  




BAB V
ASPEK MANAJEMAN

1.      Tim Manajeman
Usaha ini ditangani sendiri oleh pemilik usaha.
2.      Masalah yang Potensial
Masalah potensial yang muncul adalah harga barang yang berubah-ubah sehingga dapat mempengaruhi dalam penentuan harga jual.
3.      Risiko dan Hambatan
-          Naik turunnya harga barang
-          Terlambatnya suplay barang
-          Banyaknya pesaing online shop yang sama
4.      Tindakan Alternatif
-Naik turunnya harga barang dapat diatasi dengan mengurangi banyaknya produk yang dijual.
-Memberikan pelayanan yang baik, kemudahan dan kenyamanan dalam berbelanja.
- memberikan produk yang berkualitas dengan harga yang lebih terjangkau dari olshop lainnya.





(Proposal ini di buat untuk memenuhi Tugas mata kuliah "Kewirausahaan")