Tugas
Kewirausahaan-Proposal Usaha “Tas Import”
BAB I
PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang
Dunia
fashion adalah dunia yang tidak pernah mati, selalu berubah dan memiliki trend-nya
sendiri. Dari zaman dulu hingga sekarang, orang tidak pernah bosan mengikuti
perkembangan fashion. Perempuan, sebagai pengguna dan pecinta fashion terbesar,
cenderung memiliki anggapan bahwa fashion dapat menunjukan identitas diri,
style, dan menambah kepercayaan diri. Fenomena tersebut dapat kita lihat di
berbagai pusat perbelanjaan fashion yang tidak pernah sepi pengunjung dari
pembeli. Persaingan dunia fashion yang terbilang ketat, menuntut produsen/penjual
fashion terutama dibidang Tas untuk terus menjual produk yang dapat menarik
minat pembeli. Saat ini, fashion bukan hanya produk yang mengandalkan kosnep
kebutuhan konsumen saja, melainkan juga harus dapat memenuhi keinginan dan
permintaan konsumen. Belakangan ini jenis fashion yang diminati dikalangan
konsumen adalah fashion luar negeri. Hal ini ditandai dengan banyaknya
masyarakat yang memakai barang-barang import bukan hanya dalam negeri saja. Namun,
dengan gaya fashion yang ada diluar negeri membuat harga yang diberikan pun
tidak fleksibel untuk kalangan menengah dan bawah. Oleh karena itu, dari uraian
diatas yang menarik minat penulis untuk mengembangkan usaha online shop tas
import yang menjual tas-tas import yang hampir mirip (KW) dengan tas branded
yang ada diluar negeri yang dibuat semirip mungkin dengan bahan yang lebih
murah. Diharapkan dengan dibukanya usaha ini, masyarakat kalangan menengah
kebawah tetap bisa tampil trendi dengan model yang menarik dan tidak tertinggal
zaman.
B. Visi dan Misi Perusahaan
1. Visi
-
Sebagai produsen Tas import yang sukses,
maju dan mempunyai prestasi.
-
Mendapatkan laba dari setiap penjualan
hasil produksi dan mempunyai banyak pelanggan tetap.
-
Membuka usaha online shop dibidang
fashion khususnya “Tas Import” dengan harga yang fleksibel dan terjangkau ditangan konsumen
dengan kualitas premium.
2. Misi
-
Bekerjasama dengan para distributor yang memproduksi tas-tas import yang
diminati konsumen berkualitas premium.
-
Dapat memuaskan pelanggan dengan produk yang premium.
-
Menjual beragam tas import wanita yang lengkap dengan berbagai model yang
menarik mulai dari remaja sampai ibu-ibu
melalui social media.
BAB
II
ASPEK
PEMASARAN
Aspek
pemasaran meliputi:
1. Target
Konsumen
Target konsumen pada
perusahaan ini adalah wanita baik remaja maupun ibu-ibu.
2. Ukuran
dan Trend Pasar
Ukuran dan trend pasar
disesuaikan dengan standar kebutuhan masyarakat dan trend yang sedang terjadi.
3. Situasi
Persaingan
Pesaing usaha ini cukup
banyak dan jenisnya juga beragam, tetapi masing-masing memiliki cara sendiri-sendiri
untuk mengembangkan dan mempertahankan usahanya.
4. Strategi
Pasar
Strategi yang digunakan
adalah penjualan pada online shop yaitu menjual melalui social media dan meningktkan
pelayanan dan kualitas serta melakukan inovasi terhadap produk, dan juga dengan
melakukan promosi dengan mengadakan promo setiap bulannya.
5. Penetapan
Harga
Harga ditentukan
berdasarkan biaya produksi dari distributor serta keadaan pasar dan pesaing
sehingga kemungkinan laba cukup besar.
BAB
III
ASPEK
KEUANGAN
1. Pengeluaran
Sumber Modal
Modal
sendiri Rp 1.500.000
Total Rp 1.500.000
BAB
IV
ASPEK
PRODUKSI
1. Jenis
Barang
Jenis barang yang
diproduksi adalah Tas Import
2. Pelaksanaan
Kegiatan Produksi
Kegiatan produksi
dilaksanakan tergantung pesanan dari konsumen. perusahaan ini mulai beroperasi
dari pukul 09:00 WIB sampai 15:00 WIB dan libur pada hari minggu.
3. Jumlah
Tengaha Kerja
Jumlah tenaga kerja
pada online shop ini sebanyak 1 orang, untuk bagian marketing, packing dll.
4. Rencana
Perluasan Usaha
Rencana perluasan usaha apabila
pada onlie shop cukup berkembang yaitu dengan cara mendirikan tempat usaha
sendiri di tempat yang strategis dan menambah perluasan usaha ke bidang fashion
lainnya.
BAB
V
ASPEK
MANAJEMAN
1. Tim
Manajeman
Usaha
ini ditangani sendiri oleh pemilik usaha.
2. Masalah
yang Potensial
Masalah
potensial yang muncul adalah harga barang yang berubah-ubah sehingga dapat
mempengaruhi dalam penentuan harga jual.
3. Risiko
dan Hambatan
-
Naik turunnya harga barang
-
Terlambatnya suplay barang
-
Banyaknya pesaing online shop yang sama
4. Tindakan
Alternatif
-Naik
turunnya harga barang dapat diatasi dengan mengurangi banyaknya produk yang
dijual.
-Memberikan
pelayanan yang baik, kemudahan dan kenyamanan dalam berbelanja.
-
memberikan produk yang berkualitas dengan harga yang lebih terjangkau dari
olshop lainnya.
(Proposal ini di buat untuk memenuhi Tugas mata kuliah "Kewirausahaan")